Cara cepat beradaptasi Di Tempat Kerja – Saat memasuki dunia kerja, maka saat itulah kita akan bertemu dengan berbagai karakter orang dan tidak semua orang yang kita temui itu akan memiliki karakter yang se-frekwensi dengan kita.
Adaptif adalah salah satu bahkan mungkin satu satunya cara agar kita bisa terus terhubung dan berkolaborasi dengan berbagai orang di lingkungan kerja. Kita tidak mungkin selalu mempertahankan dan memaksakan opini, kemauan dan ambisi kita saat memasuki dunia kerja apalagi status kita yang menjadi karyawan, dan bukan sebagai pemilik perusahaan. Dengan memiliki sikap adaptif dan toleransi, kita akan bertumbuh, dan yang terpenting adalah kita akan mampu berbaur dan keberadaan kita bisa mudah diterima disemua kalangan orang yang kita hadapi.
Salah satunya dengan Menahan ego, tidak mudah baper dan sensitive terhadap sesuatu yang mungkin tidak nyaman dengan yang kita rasakan.
Tetaplah yakin, sesuatu diawal memang dirasakan sangat berat dan penuh tantangan. Yakinlah bahwa semuanya akan berubah seiring dengan berjalannya waktu.
Diawal kerja tentu beban kerja dan interaksi dengan sesama karyawan terutama keryawan senior dirasakan berat, tetapi semua akan berubah dan semuanya akan terasa lebih mudah dilalui. Sediakan diri kiri sedikit waktu, dan semuanya akan baik baik saja dan dalam jalur yang benar “on the track”.
Yakinkah ditengah banyaknya karakter manusia disekelilingmu yang dirasa tidak cocok, akan ada beberapa orang yang se frekwensi dan cocok dengan kamu dan menjadi rekan kerja yang mengsyikkan. Cobalah menyediakan sedikit waktu untuk eksplore orang-orang disekeliling anda, dan tentunya dengan mengedepankan budaya adaptif saat bergaul dan toleran.
Adaptif bisa diwujudkan dengan tetap menjadi pribadi yang menyenangkan, yang respek, dan menjadi pribadi yang mau mendengarkan kepada siapapun lawan bicara di lingkungan kerja terlbeih kepada orang penting seperti atasan anda.
Tidak semua dari kita ditakdirkan memiliki pimpinan yang mengasyikkan seperti yang kita harapkan.
Kita bisa memiliki rekan kerja bahkan pimpinan yang berwatak keras, penuntut, arogan, pendiam, cerewet atau apapun karakter yang ada selama ini. Tetapi itu bukan akhir dari segalanya. Jadilah pribadi yang kuat dan survive disegala “cuaca”. Dalam artian, kita harus mampu menempatkan diri dan menemukan formula sikap yang cocok, saat kapan kita berhadapan dengan siapapun orang yang dirasa keras, penuntut, cerewet, pendiam dan lain-lain. Toleransi, belajar, menyediakan sedikit waktu lebih untuk beradaptasi adfalah kunci kita bisa bertahan dan dipertahankan.
Setiap harinya, dengan bertemu dan berinteraksi dengan banyak orang dengan karakter yang berbeda menjadikan kita menjadi pribadi yang terus bertumbuh, lebih baik dan adaptif.
Dengan sikap daptif pula hal hal yang baru tidak akan membuatan kita shock, dan tertekan tetap justru menjadikan kita lebih semangat karena memiliki pengalaman baru danberkesempatanuntuk meningkatkan kompetensi baru.
Sikap adaptif juga tidak hanya penting untk kita yang fresh graduate saja, tetapi berlaku juga karyawan lama yang harus mengalami dan menghadapi kebijakan baru dari manajemen perusahaan. Sedikit menahan ego kita, menerima dengan mindsety yang positif menjadikan kita bisa memiliki pikiran yang jernih untuk merenungi dan berpikir lebih baik sebelum kita melakukan tindakan atau sesuatu yang mungkin justru merugikan kita sebagai karyawan.
Adaptif berarti mencoba dengan segala daya untuk mencermati segala keputusan yang diambil terlebih oleh pimpinan sebagai peraturan baru perusahaan yang tidak jarang tidak sejalan dengan pikiran kita sebagai karyawan.
Berikan sedikit waktu berjalan dan berjalan, berikan sedikit waktu untuk kita beradaptasi, mentoleransi terhadap sesuatu yang baru, menyuesuaikan diri terhadap lingkungan kerja, baik dengan pimpinan, rekan kerja, kebijakan, dan segala apapun tentang apa yang ada disekeliling kita.
Sikap inilah yang kemudian diperlukan, sebelum kita benar-benar memutuskan apakah kita memilih bertahan, atau memilih keluar dariperusahaan saat ini untuk mendapatkan perusahaan dengan lingkungan kerja yang lebih baik yang menghantarkan kita menjadi pribadi yang bertumbuh dan lebih baiki sebagai seorang yang kompeten dengan perilaku yang adaptif.
Recent Comments