Menggunakan ebook sebagai media bisnis, sudah menguasai hal-hal teknis yang berkaitan dengan ebook. Baik yang berkaitan dengan cara cara “menulis”, menyajikan gagasan, maupun tata-letak (lay out) sekaligus desainnya (design).

Namun, bagi Anda yang baru berminat menjadikan eb ook sebagai media bisnis, perlu sekali untuk membedakan dua hal ini. Yaitu, ebook sebagai barang bisnis dan ebook se bagai media bisnis. Jika ebook sebagai barang bisnis, ebook itu merupakan ebook dagangan atau yang bisa diperjual-be likan. Bila e book sebagai media bisnis, e book  merupakan media atau alat untuk menjalankan bisnis yang lainya seperti  bisnis yang berkaitan dengan ebook .

Media e book merupakan media sosial sebagai alat untuk menjalankan bisnis. media ebook ini biasanya juga dapat diperoleh secara gratis oleh semua orang. la bisa di download dan disebarluas kan kepada semua orang untuk dibaca langsung atau dicetak terlebih dulu.

Dari segi isinya, sebagian besar media ebook lebih mengajak pembaca untuk melakukan penjualan atau pembelian . Semisal, bergabung dalam suatu jenis dan program bisnis, membeli produk yang disebutkan dalam ebook itu, hingga memercayai informasi yang ada dalam ebook. Namun, perlu dipahami, bahwa aja kan dalam ebook tidak musti tampak nyata dengan diwakili kalimat-kalimat semacam ini: mari kita wisata ke pantai A, ayo bangun jalan darat menuju pulau B, kunjungi website kami lagi, dan lain-lain.

Ajakan atau perintah dan panduan dalam media ebook sangat beragam, dan tersampaikan dengan gaya yang bera gam pula. Lebih dari itu, biasanya juga terdapat gambar atau konten-konten menarik yang di kemas dalam layout dan de sain professional.

Meski penggunaan media ebook semacam ini cukup ter golong “menantang” dan membutuhkan sumber daya peng elola yang handal, kesempatan meraup untungnya sangat besar. Betapa tidak? Media yang  digunakan bisa saja tersebar dengan mudah dan dimiliki banyak orang yang tidak pernah mengakses media website Anda. Bahkan, saya sendi ri, misalnya, seringkali mencetak media-media semacam ini untuk saya baca -baca saat offline.

Tujuan di bentuknya e book adalah untuk memudahkan proses penyebaran informasi kepada penggunanya.dan berikut adalah tujuan dari pembuatan e book:

  1. Memudahkan pembuatan e book bagi mereka yang ingin menyusun buku namun kesulitan dalam pembuatanya.
  2. Menghemat biaya pembuatan buku.
  3. Memudahkan proses penyebaran informasi
  4. Melindungi informasi yang di sebarkan.
  5. lebih cepat diperoleh.

 Ada beberapa tips membuat konten digital marketing menggunakan ebook sebagai berikut:

  1. Kenali brand atau produk anda

Tahap awal adalah memahami dulu brand atau produk anda. Pahami kelebihan dan kekurangan brand atau prodok anda.

2. Tentukan audience anda

Tentukan audience apa saja yang bisa menerima produk anda

3. Tentukan medi digital anda

Tentukan media apa saja yang akan anda gunakan sebagai media promosi.

4. Tentukan jenis konten anda

Tentukan jenis konten apa  yang akan ana gunakan sebagai promosi apakah berupa text,video,audio,gambar dan desain.

5. Brainstroming

cari sebanyak banyaknya contoh desain/gambar/video yang berkaitan dengan produk agar lebih mudah

6. Action

Setelah mendapatkanseluruh bekal di atas saatnya anda tuangkan pada ide anda kedalam konsep konten yang akan anda buat.