Facebook adalah salah satu platform media sosial yang sangat besar,bisa digunakan untuk kebutuhan ataupun untuk tujuan bisnis seperti untuk membantu kegiatan promosi.fecebook marketing adalah salah satu bagian dari inbound marketing untuk strategi pemasaran produk yang dilakukan dngan cara menarik perhatian konsumen menggunakan beragam informasi produk yang unik.

Kelebihan Facebook Marketing

  1. Kecepatan penyebaran,strategi pemasarandengan menggunakan media digital dapat dilakukan dengan sangat cepat,bahkan dalam hitungan detik.
  2. Kemudahan.menggunakan media online
  3. Jangkauan lebih luas,jangkauan geografis dari digital marketing yang luas menyebarkan produk ke seluruh dunia dengan memanfaatkan internet.
  4. Biaya yang dikeluarkan jauh lebih hemat
  5. Mendapatkan penghasilan penjualan lebih tinggi dikarenakan semakin sempit .dan waktu.
  6. Dapat memberikan kestabilan bagi brand di mata konsumen
  7. Digital marketing membua penjual bisa memberikan pelayanan real time.
  8. Mudah berinteraksi dengan konsumen
  9. Meningkatkan visibilitas merek
  10. Mempunyai banyak jenis platform dengan tipe konsumen berbeda

Kekurangan facebook marketing

  1. Konsep pemasaran online dapat mudah ditiru.
  2. banyak pesaing dikrenakan tidak ada batasan teori yang dapat menghambat perusahaan dalam memasarkan produknya.
  3. Apabila terjadi reaksi balik yang negatif dari konsumen yang muncul di internet dapat merusak nama baik perusahaan secara cepat.
  4. Digital marketing terlalu bergantung dengan teknologi.
  5. Berbagai produk tertentu belum cocok jika dipasarkan melalui media online.
  6. Tidak semua kalangan sudah melek teknologi.
  7. Komunikasi dengan customer kurang interaktif.
  8. Tampilan profil yang kurang menarik.s

Strategi Ampuh dalam Melakukan Facebook Marketing

  1. Memulai dengan tujuan yang jelas

pemasaran harus dimulai dengan tujuan yang jelas hal ini membantu penjual mengukur apakah upaya yang dilakukan sudah berhasil atau belum. jika penjual belom menentukan tujuan,memulai dengan sebuah servei ke pelanggan akan jadi langkah ideal. jadi, penjual dapat mengetahui manakah strategi yang paling di perlukan.

2. Mengenali target pasar penjual

Untuk mencapai tujuan yang sudah di tentukan, langkah selanjutnya adalah menentukan target pasar. Dengan mengetahui target pasar dapat membantu dalam menentukan budget pemasaran hingga menentukan jenis konten untuk posting

3. Menciptakan konten yang menarik

Setelah mengetahui target pasar, lalu membuat konten yang menarik. Strategi ini berlaku baik bagi postingan di facebook maupun saat beriklan menggunakan facebook ads.. Dari sisi ide, ada banyak jenis konten yang bisa dibuat. Mulai dari tutor singkat penggunaan produk, hingga testimoni pelanggan.

4. Menjadwalkan postingan konten dengan baik

Membuat jadwal postingan sangat penting untuk membantu meentukan kapan posting dapat dilakukan dn seberapa sering . Hasilnya bisa saja kualitas konten kurang maksimal. Hal ini akan meninggalkan kesn kurang baik bagi pengunjung.

5. Aktif berkomunikasi dengan audien

Salah satu tujuan utama media sosial adalah membangun chael komunikasi .jika penjual menggunakan facebook marketing,pastikan penjual dapat berkomunikasi baik dengan konsumen.artinya, penjual tidak hanya berfokus pada konten yang diposting saja. Dengan demikian, komunikasi akan dapat berjalan dengan lancar maka akan semakin baik engagement yang akan di bentuk.

6. Menentukan budget yang sesuai

Strategi selanjutnya adalah menentukn anggaran pemasaran dengan baik.proses pembuatan konten untuk facebook marketing tak jarang membutuhkan anggaran. Tujuannya agar anggaran bisa digunakan untuk kegiatan lainya.

7. Memonitor dan menganalisis strategi penjual

Setelah posting konten, maka lakukanlah pengamatan dengan mengamati komentar yang diberikan pengunjung, atau melihat perkembangan jumlah share atau like. Hal ini bertujuan untuk mempelajari tipe konten manakah yang disukai oleh konsumen.