9 Strategi Instagram Marketing Untuk Meningkatkan Penjualan

Ada 9 strategi Instagram Marketing yang dapat digunakan untuk meningkatkan penjualan kita. Instagram adalah media sosial yang memungknkan para pengguna mengambil dan membagikan foto kepada orang lain. Fasilitas inilah yang digunakan untuk meningkatkan penjualan suatu produk.

Mencari Calon Customer Yang Potensial

Melalui instagram, kamu bisa mencari calon customer yang menyukai jenis produk toko kamu dan kemungkinan besar akan tertarik berbelanja di toko kamu. Caranya adalah dengan membuka akun kompetitor atau hashtag yang berhubungan dengan produk kamu. Setelah itu, follow atau ikuti akun dari akun kompetitor dan hashtag tersebut. Cobalah langkah ini setiap hari, kamu juga bisa berkomunikasi dengan calon customer di akun kompetitor atau influencer.

Membuat Guidelines Profil Instagram

Guidelines adalah kerangka yang akan dipakai sebagai acuan atau pedoman dalam setiap usaha yang dilakukan. Feeds atau halaman depan yang ada di instagram menjadi salah satu guidelines penting untuk membangun profil perusahaan usaha kamu. Kamu juga harus membuat feeds tersebut terlihat aestetic, caranya adalah dengan menggabungkan warna di setiap foto dan vidio yang kamu upload, latar belakang atau backround untuk setiap foto, jenis produk yang ditawarkan, serta penggunaan template di setiap konten.

Buat Konten yang Berkualitas

Dalam menggunakan instagram marketing, konten adalah unsur utama atau yang paling penting untuk kamu perhatikan. Konten ini tidak hanya sekedar tentang foto atau vidio saja, namun juga hal-hal lainnya yang bisa membuatnya menjadi konten produk yang menarik. Untuk membuat konten yang berkualitas kamu bisa mencoba langkah berikut ini :

  • Membuat Konten untuk Feeds

Isi konten instagram tidak harus selalu berupa foto sebuah produk, tetapi bisa juga berupa slideshow tentang pengetahuan atau informasi produk ataupun infografis.

  • Memperingati Hari-hari yang Penting

Memperingati hari-hari penting misalnya seperti pada hari besar, seperti Idul Fitri, Natal, Kemerdekaan, Nyepi, imlek dan sebagainya. Langkah ini akan mempengaruhi minat customer terhadap penawaran yang kamu tawarkan khusus pada hari besar tersebut.

  • Membuat Kampanya

Kamu juga bisa berkreasi pada konten ini. Sebagai contoh, kamu bisa menampilkan vidio singkat tentang inspirasi dalam membuat produk terbaru yang akan kamu luncurkan dalam waktu dekat.

  • Caption Foto Berupa Artikel atau Storytelling

Di akhir caption, kamu bisa membuat tulisan yang menggiring customer atau audiens untuk menggunakan produk kamu.

Rutin Berkomunikasi dengan Followers atau Pengikut

Untuk membangun interaksi atau komukasi, kamu bisa melakukan beberapa hal seperti berikut:

  • Membalas setiap komentar mereka (customer)

  • Mengadakan giveaway berupa produk atau kupon potongan harga

  • Membuat kuis atau pertanyaan-pertanyaan melalui story instagram dengan mengajukan pertanyaan mengenai produk yang kamu jual.

Memakai Banyak Hashtag

Hashtag (#) atau tagar mempunyai fungsi untuk menambah followers atau pengikut dan kepopuleran produk kamu. Semakin banyak hashtag pada konten kamu maka semakin banyak engagement yang akan kamu dapatkan.

Menggunakan Fitur yang Tersedia

Salah satu fitur yang dapat kamu temui dan manfaatkan adalah insight yang memungkinkan kamu untuk melihat banyaknya akun yang mengunjungi profil instagram kamu, menyukai konten yang kamu posting, hingga bisa berinteraksi dengan kamu.

Selain itu, masih ada beberapa fitur instagram lainnya yang dapat kamu manfaatkan, yaitu :

  • Highlight

  • Instastory

  • Direct Purchase

  • Instagram Ads

Mengirim Pesan ke Followers atau Pengikut

Kamu jangan pernah segan untuk berinteraksi dengan followers kamu agar mereka merasakan adanya koneksi dan bersedia untuk menjadi konsumen setia dalam waktu yang panjang. Kirimkan pesan melalui (DM) Instagram.

Mengunggah Konten di Waktu Tertentu

Sebagian ahli pernah mengemukakan pendapatnya untuk memposting pada pukul 7-9 malam di hari rabu dan kamis karena orang cenderung mengakses akunnya pada waktu tersebut.

Bekerja Sama dengan Influencer

Selain dengan Influencer kamu juga bisa berkolaborasi yang bisa dilakukan dengan pihak lain. Misalnya kalau kamu mempunyai bisnis di bidang kuliner, kamu bisa mengajak komunitas atau grup-grup kuliner untuk membantu mempromosikan bisnis kuliner kamu di akun mereka lalu men-tag akun instagram bisnis kamu.

itulah beberapa strategi Instgram marketing yang dapat Anda pelajari. Anda dapat juga membaca artikel tentang strategi marketing dengan menggunakan Tik-tok.