Kesuksesan seorang pebisnis online tidak lepas dari peran media yang digunakan dan progam bisnis yang di jalankan. Adapun, peran media yang menjadi pusat perhatian adalah email. Media email memang menjadi gerbang pertama bagi siapa saja yang memulai bisnis online. Dengan email atau surat elektronik (surel) kita bisa melangkah lebih maju dengan beragam kemudahan dan keunggulan yang ditawarkannya

Dengan email pula memungkinkan Anda memusatkan segala informasi yang dibutuhkan. Mulai dari pengenalan diri, back-up informasi sekaligus produk, penawaran produk kepada orang lain, hingga lamaran untuk bergabung pada suatu program bisnis dari belahan bumi ini. Tak pelak pengenalan dan pemahaman terhadap media email yang hendak Anda manfaatkan ini merupakan suatu keharusan. Tentunya, mengingat peran penting media email bagi Anda dari sisi eksternal.

Email marketing adalah salah satu strategi yang banyak dimanfaatkan perusahaan untuk melakukan pemasaran.tahukah kamu apa itu email marketing? Email marketing adalah email yang berisi konten atau pesan komersial yang dikirimkan kepada pelanggan ataupun calon pelanggan, seperti informasi tentang produk, promo atau event yang sedang berlangsung, dan lain-lain. Tujuan email marketing  ialah agar  dapat terhubung dengan pelanggan dan calon pelanggan secara lebih personal, kemudian mempertahankan hubungan tersebut dengan baik, sekaligus “mengaktifkan” kembali pelanggan yang pasif hingga konversi menjadi penjualan.

1. Penyedia Layanan Email

Bicara tentang email, tentu tidak lepas dari pembicaraan seputar layanan dan penyedia layanan. Mulai dari email berbayar hingga tak berbayar, semuanya melibatkan penawaran yang beragam. Dari yang menjanjikan banyaknya kemudahan layanan hingga banyaknya jaringan yang bekerjasama dengan mereka. Yang jelas, semua penawaran itu demi penjaringan dan pengikatan konsumen.

Berbicara tentang jaringan, tidak sedikit penyedia layanan email ternama saat ini sudah bekerjasama dengan fasilitas atau layanan eksternal. Artinya, mereka sudah membuka akses langsung ke suatu layanan yang berdiri atau berada di luar jaringan bisnis internal mereka sendiri. Meski di antara mereka masih tampak kesenjangan penawaran masing-masing, namun keunggulan dari layanan yang mereka tawarkan tidak bisa dianggap remeh. Khususnya, dalam konteks bisnis online. Sebelum kita membicarakan beberapa media email lebih jauh, alangkah baiknya kita mengenal beberapa layanan email yang jumlahnya tidak sedikit.

Untuk memulainya, mari kita cari dan amati layanan email yang cocok dengan kebutuhan Anda. Di sini, Anda bisa memanfaatkan search engine favorit Anda untuk mencari informasi terkait sebagaimana penjelasan di atas. Anda bebas memilih email yang berbayar maupun yang tak berbayar, alias gratis. Pada tahapan ini, Anda bisa mengetikkan keyword: “the best email providers”, “the best email services”, layanan email gratis dan lain-lain.

2.  Membuat Email

Untuk membuat email, secara umum, Anda harus meng unjungi penyedia layanan email terlebih dulu. Sebagai contoh, jika Anda hendak membuat email di Gmail, langkah pertama yang perlu Anda lakukan ya mengunjungi Gmail dulu yang berada di alamat gmail.com atau mail.google.com. Usai mengunjungi alamat penyedia layanan email, silakan cari ruang atau halaman pendaftaran.

Dengan masuk ke halaman pendaftaran itu, Anda akan disodori formulir pendaftaran yang mengharuskan Anda mengisinya. Dan silakan isi formulir itu dengan informasi yang dibutuhkan oleh pihak penyedia layanan. Pada bahasan ini, saya akan memberi contoh dua lang kah pertama saat membuat email di tiga penyedia layanan email. Yakni, Gmail, Yahoo, dan Hotmail.

  1. Gmail

Silakan kunjungi gmail.com atau mail.google.com lebih dulu. Selanjutnya, secara otomatis, Anda akan dialihkan ke halaman login-nya gmail. Kemudian, klik ikon “CREATE AN ACCOUNT” yang back groundnya berwarna merah di bagian atas-kanan halaman. Lalu, buatlah email Anda melalui formulir pendaftaran.

Setelah pembuatan email di Gmail selesai, jangan lupa mengingat-ingat nama dan password email Anda. Kalau perlu, silakan catat dalam kertas atau dalam file khusus Selanjutnya, mari kita buat email di Yahoo.

  • Yahoo

Silakan kunjungi mail.yahoo.com atau login.yahoo.com lebih dulu. Selanjutnya, secara otomatis, Anda akan dialihkan ke halaman login-nya Yahoo. Kemudian, klik ikon “Create New Account” yang back groundnya berwarna kuning di bagian atas-kanan halaman. Lalu, buatlah email Anda melalui formulir pendaftaran.

Setelah pembuatan email di Yahoo selesai, jangan lupa mengingat-ingat nama dan password email Anda. Kalau perlu, silakan catat dalam kertas atau dalam file yang tadinya digunakan untuk mencatat email sebelumnya. Selanjutnya, mari kita buat email di Hotmail.

  • Hotmail

Silakan kunjungi hotmail.com atau login.live.com lebih dulu. Selanjutnya, secara otomatis, Anda akan dialihkan ke halaman login hotmail. Kemudian, klik tulisan “Sign up now” yang berwarna biru di bagian bawah-kanan halaman. Lalu, buatlah email Anda melalui formulir pendaftaran.

Setelah pembuatan email di Hotmail selesai, jangan lupa mengingat-ingat nama dan password email Anda. Kalau perlu, catat dalam kertas atau file yang tadinya digunakan untuk mencatat email sebelumnya. Sekarang, Anda sudah memiliki tiga buah email dari tiga perusahaan ternama. Untuk sementara, kita sudahi dulu pembahasan tentang media email ini. Adapun, bahasan tentang email yang lebih mendalam akan kita bahas lagi pada bagian yang lain.