Persaingan di Dunia Kerja sangatlah ketat. Siapapun Yang tidak mampu bersaingan di Dunia Kerja pasti ia akan tertinggal. Tentunya ada cara agar kamu bisa menghadapi Dunia Kerja yang Kompetitif. Kamu harus punya strategi yang tepat agar bisa bertahan di jenjang karir yang kamu inginkan. Berikut ini strategi yang harus kamu lakukan agar dapat bersaing dan bertahan di Dunia Kerja:

  1. Kenali potensi yang kamu miliki

Dengan mengetahui potensi dalam diri dapat membuat kamu bersaing di Dunia Kerja. Kritikan maupun masukan dari orang lain juga sangat membantu dalam mengembangkan potensi yang ada pada dirimu. Selalu upgrade potensi yang sudah kamu miliki maupun yang belum kamu miliki. Dengan mempelajari banyak hal juga akan sangat membantu kamu dalam bertahan dan bersaing di Dunia Kerja.

 

  1. Kenali rekan kerja kamu dan jadilah rekan kerja yang baik

Mengenal rekan kerja, kamu bisa mengamati kelebihan dan kekurangan rekan kerjamu. Dengan begitu, kelebihan yang dimiliki rekan kerja mu juga bisa kamu terapkan sendiri menjadi versi mu dan kekurangannya bisa menjadi patokan agar kamu dapat memperbaiki diri lebih baik lagi. Selain itu, kamu juga bisa banyak belajar hal baru yang belum pernah kamu ketahui sebelumnya. Dengan ini maka kamu juga bisa menjadi rekan kerja yang baik di lingkungan kerjamu.

 

  1. Mengumpulkan Informasi

Informasi menjadi salah satu sumber paling efektif agar kamu dapat memperlancar karir. Jadi dalam setiap kesempatan, carilah informasi yang bsa menunjang karir kamu dari berbagai sumber terpercaya. Begitupun sebaliknya jika kamu punya informasi, beritahukan orang lain yang sedang membutuhkan. Saling tukar informasi tidak harus melalui pertemuan – pertemuan resmi. Tapi juga bisa saat jam istirahat makan siang atau saat pulang kerja. Asalkan tidak mengganggu jadwal kerja tidak masalah.

 

  1. Dekati orang yang banyak di sukai rekan kerja dan atasan.

Dengan mendekati orang tersebut, kamu bisa menganalisa dan mempraktekkan strateginya agar bisa disukai oleh atasan dan rekan kerja yang lain. Siapa tahu cara ini bisa untuk memperlancar karir kamu tanpa menjatuhkan rekan kerja yang lain.

 

  1. Selalu ikut pertemuan atau acara penting

Semakin kamu sering mengikuti pertemuan atau rapat dengan para manajer atau petinggi perusahaan, maka semakin besar pula peluang kalian untuk lebih dikenal oleh kalangan atas. Dengan begitu peluang kamu untuk menaikkan nilai kinerja dan membuat kamu menjadi orang yang berpotensial dan berkualitas. Jalan kamu untuk naik jabatan juga akan semakin terbuka lebar.

 

  1. Selalu ucapkan terima kasih

Ucapan terima kasih memang kedengarannya sepele. Tapi ketika kamu membiasakan untuk selalu berucap terima kasih kepada siapa saja yang telah memberikan bantuan sekecil apapun maka akan meninggalkan kesan yang sangat mendalam. Cara ini akan membuat kamu diingat orang. Dan lagi membiasakan mengucap terima kasih saat menerima bantuan orang lain juga merupakan etika dasar dalam pergaulan kan?

 

  1. Rajin bersosialisasi

Kemampuan kamu dalan bersosialisasi akan sangat membantu kamu bertahan dan meningkatkan karir kamu. Maka jangan ragu – ragu untuk membina hubungan baik dengan rekan – rekan kerja maupun atasan dan orang yang ada di lingkungan kerjamu. Sosialisasi yang telah kamu lakukan akan membuat kamu dikenal di lingkungan kerja dan berpengaruh meningkatkan karirmu.

 

Nah itu tadi beberapa strategi yang bisa kamu terapkan untuk bersaing dan bertahan di Dunia Kerja. Persaingan di Dunia Kerja merupakan hal yang biasa dalam Dunia Kerja. Jangan pernah patah semangat karena persaingan kerja, justru kamu harus memacu diri untuk menjadi lebih baik. Jangan lupa untuk selalu mengasah dan meningkatkan ketrampilan kamu. Semoga sukses!