Menjalin hubungan baik di tempat kerja – Manusia diciptakan sebagai mahkluk sosial, yaitu mahkluk yang tidak bisa hidup tanpa bantuan orang lain. Karena itu dalam lingkungan tempat kerja, kita juga perlu menjalin hubungan yang baik dengan setiap orang, baik rekan kerja, atasan dan juga bawahan sekalipun.
Tidak semua orang dengan mudah untuk menjalin sebuah pertemanan apalagi menjaga hubungan baik . Rasa canggung, kurang pecaya diri saat berkenalan bisa menjadi salah satu alasan mengapa sebagian orang merasa kurang “luwes” dalam hal menjalin hubungan pertemanan. Kurangnya rasa hormat dan penghargaan kepada rekan kerja bisa menjadi penyebab tidak baiknya hubungan dengan rekan kerja.
Mencari teman sebanyak mungkin dan menjalin hubungan yang baik adalah hal yang sangat baik , terutama dilingkungan pekerjaan yang hampir sepanjang hari anda menghabiskan waktu di dalamnya. Yuk sobat, kita pelajari bagaimana cara dalam menjalin hubungan baik di lingkungan kerja berikut ini.
- Asah kemampuan berkomunikasi
Kemampuan bermunikasi adalah soft skill yang sangat penting dalam menjalin hubungan dengan sesama. Soft skill ini tentu saja bisa dipelajari dan anda bisa memiliki pengalaman dengan hal ini asalakan anda berani untuk membuka diri dalam sebuah percakapan dan menjalin pertemanan. Komunikasi interpersonal sangat diperlukan dalam menjalin hubungan dengan orang lain, terutama dalam menerima pribadi dari rekan kerja anda.
Sesekali luangkan waktu anda untuk sejenak bercengkerama dan membuka sebuah percakapan dengan rekan kerja anda. Sapalah mereka dengan senyuman yang hal ini akan juga membuat anda berlatih untuk bersosialisasi. Beri perhatian terhadap hal-hal yang kecil yang mungkin remeh, tetapi itu akan menunjukkan besarnya perhatian anda pada rekan kerja anda dan itu membuat mereka tidak ingin kehilangan anda sebagai teman.
- Memiliki inisiatif untuk menolong
Punya inisiatif untuk menolong bisa menjadi salah satu cara untuk dapat memulai dan menjalin hubungan baik dengan rekan kerja anda di kantor. Lakukan dengan tulus untuk menolong mereka, dan bukan memberikan harapan palsu.
Misalnya ketika salah satu rekan anda sedang menunggu redanya hujan karena akan pulang, anda bisa menawarkan bantuan payung atau tumpangan kendaraan dan mengantarkannya. Menolong mereka saat deadline kerja hampir tiba juga bisa membuat sebuah pengalaman tak terlupakan bagi mereka atas kebaikan yang anda berikan.
- Jalin Hubungan Pertemanan Di Luar Kantor
Menjalin hubungan baik tidak hanya di dalam kantor, di luar kantorpun hubungan baikpun harus tetap terjalin. Sapa dan lemparkan senyuman persahabatan kepada rekan kerja anda ketika berpapasan dimanapun berada, di mall, di jalan atau dimanapun.
Sering ada rekan kerja yang mempunyai kesamaan minat atau hobi yang sama dengan anda, misalnya hobi bermain bulutangkis, futsal, atau memiliki hobi traveliing atau jalan –jalan dengan menikmati kuliner dari berbagai daerah. Tidak ada salahnya mengajak mereka untuk menikmati kegiatan tersebut bersama-sama.
- Jadilah Rekan Kerja yang dapat diandalkan
Hubungan yang baik dengan rekan kerja akan membawa atmosfer kerja yang baik, mengingat setidaknya 40 jam seminggu atau 8 jam sehari, Anda menghabiskan waktu anda di kantor bersama rekan kerja. Sesekali anda bisa menawarkan bantuan untuk menyelesaikan tugas-tugasnya. Dengan begitu anda bisa menjadi rekan kerja yang dapat diandalkan, terutama saat dibutuhkan.
Recent Comments