Memulai usaha di kota kecil membutuhkan strategi dan perencanaan yang berbeda dengan bisnis di kota besar. Berikut adalah kiat yang bisa anda coba jika ingin membuka usaha di kota kecil:

  • Ide
    Memulai bisnis tidak hanya membutuhkan modal, tetapi juga membutuhkan ide yang cerdas,briliant, agar bisnis ini berlangsung lama. Perlu data-data, yang harus kita dapatkan untuk menunjang bisnis kita ke depan. Mulai dari karakter masyarakat sekitar hingga bisnis-bisnis apa yang sudah ada.
  • Pahami karater masyarat sekitar.
    Sudah hampir pasti, penduduk sekitar adalah terget pasar dari bisnis kita.. Karena itu kita harus tahu betul kondisi, struktur demografi dan geografi mereka. Diantaranya kita harus mendapatkan data-data terkait usia penduduk, kebiasaan, kesukaan mereka, serta luas wilayahnya. Dan yang lebih penting adalah kita harus mendapatkan data model dan jenis bisnis apa saja yang banyak menarik konsumen dari penduduk setempat.
  • Menyediakan kebutuhan pasar/masyarakat
    Survey pasar memiliki peran yang besar dalam menentukan keberlagsungan dari bisnis kita. Misalnya, masyarakat disana sumber pendapatnya dari bertani atau bercocock tanam, maka kita bisa membuka toko yang menjual benih atau obat-obatan hama tanaman.  Atau mungkin karena masyarakat setempat kesulitan membantu anak-anaknya mengerjakan PR karena kesibukan bekerja, maka membuka bimbingan belajar yang memadai untuk membantu anak-anaknya belajar, sangat tepat dilakukan, apalagi dimasa pandemi saat ini.
  • Perhitungkan investasi yang dikeluarkan
    Jangan sampai investasi yang keluarkan akan membuat kita kesulitan secara financial , tabungan kita kebobolan dan yang terpenting yang harus menjadi  pertimbangan adalah  apakah bisnis tersebut nantinya akan memberikan keuntungan  yang sebanding dengan ivestasi yang kita keluarkan  .
  • Berani dan Siap bersaing
    Persaingan bisnis di kota kecil lebih mudah dan tidak seketat dilakukan daripada di kota besar. Sehingga masih sangat terbuka kesempatan untuk membuka jenis bisnis yang lain. Untuk jenis bisnis yang sudah dibuka, sebaiknya anda tidak membuka bisnis yang serupa agar potensi keuntungannya bisa terlihat.
  • Promosi
    Melakukan promosi di kota kecil, berbeda dengan di kota besar yang pesaingannya ketat . Dibutuhkan rencana yang tepat dan strategi jitu agar pasar segera merespon terhadap produk anda. Gunakan bahasa yang mudah dicerna jika anda menggunakan spanduk, standing banner dan sejenisnya . Dan jangan menggunakan bahasa atau kata-kata yang sulit dipahami atau bermakna ganda.
  • Tenaga Kerja
    Dan yang tak kalah pentingnya adalah melakukan survey apakah didaerah tersebut memiliki sumber daya yang cukup dan memadai untuk pengembangan bisnis anda ke depan.